5/08/2018

Pontianak: Pondok Ale-Ale


Malam terakhir di Pontianak beriringan dengan hujan lebat, tetapi tidak menyurutkan niat untuk mencoba makanan khas lokal. Malam itu saya pergi ke Pondok Ale-Ale, mereka menyajikan makanan khas dari berbagai penjuru Kalimantan Barat. Buat saya kunjungan ini penting untuk mengetahui makanan rumahan apa saja yang biasanya disantap oleh orang-orang di Kalimantan Barat.

Yang direkomendasikan pertama adalah ikan senangin dimasak asam pedas. Ada dua jenis asam pedas yang ditawarkan oleh pondok ale-ale yaitu gaya Ketapang atau Pontianak. Saya memilih masak Pontianak karena rasanya yang segar, sementara Ketapang cenderung lebih pedas. Sekilas rasanya mirip lempah laut, namun dengan kuah yang lebih kental. Ikan yang disajikan besar sekali, beratnya sekitar satu kilo, cukup untuk porsi makan lima orang.


Sajian lain yang kami santap waktu itu adalah tumis batang keladi. Ternyata bukan hanya keladinya saja yang dimakan di Pontianak, tapi batangnya juga bisa dimakan! Ketika menemukan ini rasanya senang sekali, unik. Saya pikir awalnya batang keladi keras namun bisa juga jadi lembut sebagai pelengkap untuk makan nasi. 


Ada satu menu sayur lagi yang tidak kalah unik saya coba di Pondok Ale-Ale, yaitu pakis hotplate! Di Pontianak, pakis memang menjadi santapan sayur yang umum. Di sini pakis dikreasikan menjadi hotplate dengan isian seafood.


Terakhir saya mencoba pacri nanas. Sebelumnya setahu saya makanan ini adalah khas Aceh dan Kepulauan Riau namun sepertinya Melayu Pontianak juga mengenal Pacri. Pacri adalah kuah berempah melumuri buah nanas. Rasanya? Enak dan kaya sekali, manis, asam, pedas, asin dan gurih bersatu. Curiga dulu nano-nano sebenarnya terinspirasi dari pacri nanas.

Walaupun dikunjungi terakhir, Pondok Ale-Ale adalah salah satu tempat makan yang cukup penting untuk dicoba ketika bertandang ke Pontianak. Ale-Ale punya banyak jenis makanan rumahan yang terpengaruh budaya Dayak, Melayu dan Tionghoa. Bagi banyak orang, inilah comfort food mereka. Jadi jangan ditinggalkan dalam bucket list kalau ingin mengenal budaya makan lokal lebih dalam.

-----

Pondok Ale-Ale
Jalan Putri Daranante, Sungai Bangkong, Pontianak

Range Harga: 100k/2 orang

-----

Lebih dekat dengan hungerranger, follow:

0 komentar:

Post a Comment

 

Copyright © hungerranger.com Design by Free CSS Templates | Blogger Theme by BTDesigner | Powered by Blogger