5/07/2018

Pontianak: Jalan Gajah Mada


Malam sabtu jalan Gajah Mada lengang saja, begitu malam minggu ramai pedagang dan orang-orang di Jalan. Tidak ingin ketinggalan keseruan Pontianak di malam minggu saya dan istri jalan kaki dari hotel untuk melihat jajanan yang tersedia. Pada malam minggu banyak sekali gerai dadakan di sepanjang jalan, ada banyak gerobak dan kursi-kursi dijejerkan di pinggir jalan.


Minuman yang banyak dijual di pinggir jalan adalah air tahu dan sari kacang. Air tahu disini maksudnya adalah susu kedelai dan sari kacangnya terbuat dari kacang hijau. Sehat ya malam mingguannya minum kacang-kacangan hehehe.


Kalau kemarin saya sempat mencoba chaikue rebus, sekarang saya mencoba chaikue goreng. Beda enaknya, kalau yang rebus lebih lembut kalau digoreng tepung berasnya kenyalnya jadi lebih firm. Seporsi lima buah ga cukup euy, cepet aja abisnya. Enak banget sih, gurih-gurih gemes kue sayurnya.


Terakhir, saya coba tau swan. Nah ini nih jajanan yang spesial di hati saya. Jadi tau swan adalah bubur kacang hijau yang sudah dikupas, tetapi kuahnya kental pakai campuran tepung. Rasanya manis, lembut dan wangi pandan. Uniknya bubur tadi dikasih campuran cakwe yang renyah, cakwe-nya beda dengan cakwe untuk dicocol sambal atau susu kedelai. Cakwenya punya rasa yang gurih. Uniknya kegurihan dan kerenyahan cakwe ternyata bisa berpadu menjadi sempurna melengkapi lembut manisnya bubur kacang hijau. Ngebayanginnya aja bikin kangen!

Jadi, jangan lupa keliling Jalan Gajah Mada waktu malam minggu di Pontianak. Suasananya asik dan sangat vibing.  Dan juga supaya bisa nyicipin jajanan-jajanan lokal yang mantap.

-----

Jajanan Jalan Gajah Mada

Jalan Gajah Mada Pontianak

Air Tahu: 5k
Sari Kacang: 5k
Chaikue Goreng: 7k
Tau Swan: 7k


-----

Lebih dekat dengan hungerranger, follow:

0 komentar:

Post a Comment

 

Copyright © hungerranger.com Design by Free CSS Templates | Blogger Theme by BTDesigner | Powered by Blogger