Saturday, August 30, 2014


Duit kepepet bukan berarti ga bisa ganti-ganti menu. Di ayam penyet suroboyo ada empat pilihan paket yang terjangkau. Dulu sebelum jadi ayam penyet suroboyo aslinay mereka adalah ayam bakar wong solo. Mungkin ada rebranding. Tetapi tetap mengusung slogan halalan thayyiban.


Ini pilihan menunya. Beda yang A sama yang B di pilihannya. Kalau B ayam kampung, kalau A ayam biasa. Tapi saya juga ga tahu, ayam biasa itu ayam jenis apa ya? hehehe.


Paket Ayam Bakar A & Paket Nasi Uduk A

Penyajian paket selain ayam sama nasi sudah termasuk sambal, tahu tempe dan sayur. Kalau nasi uduk sayurnya timun terus sambel untuk ayamnya agak berminyak. Sementara itu yang ayam bakar sambalnya lebih kental, dan sayurnya pakai trancam. Rasa kecap sama sambelnya nyampur banget, enak. Selain dua ini saya juga pernah coba ayam penyet dan lombok ijonya rasanya lumayan.

----------------------------------

Ayam Penyet Suroboyo

Jalan Gejayan No 28
Jalan Kaliurang Km 8,3
Jalan AM Sangaji No 95

Karena datang terlalu cepat dari jadwal film yang ditayangkan di XXI kami memutuskan untuk ngemil dulu di snic snack sambil membuang waktu. Gerainya kecil, namun bisa untuk duduk hingga sekitar enam orang. Menunya ada ayam goreng, ubi goreng dan kentang goreng.


Ayam gorengnya jenis popcorn. Lebih mirip hokben punya ketimbang shihlin. Karena potongannya kecil dan tepungnya bulat, bukan fillet ayam yang lebar. Kulitnya renyah, bumbu bbq nya gurih tapi tidak pedas, malah mengarah ke manis.


Sweet potato fries alias ubi gorengnya ini yang menjadi kesukaan saya. Perpaduan manisnya ubi pakai bumbu plum itu asik. Asem manisnya nyampur jadi satu. Ngemil di snic-snack cocok buat yang menunggu atau pulang dari XXI.

------------------------

Snic Snack Harga & Alamat:



Berada di sekitar XXI selama seminggu kemaren membuat saya kembali makan di Tojoyo. Salah satu tempat makan yang masih awet eksis terus di Jogja. Mampir di Tojoyo baik siang atau malem, selalu aja rame. Walaupun tidak selalu full, namun Tojoyo nampaknya telah menempel jadi pilihan bagi banyak orang.


Lauk di Tojoyo ada dua jenis yang terkenal, yaitu ayam dan jeroan sapi. Pertama saya coba ayamnya dulu. Potongannya memang kecil, tetapi rasanya mantap. Menyerap ke daging dan tulangnya nikmat. Tipe bumbu ayamnya gurih asin dengan pedas samar seperti kari. Rasanya dua porsi baru cukup.


Kemudian saya coba usus dan parunya Tojoyo. Potongannya juga tidak banyak, tetapi cukuplah untuk seporsi pas. Parunya kenyal dan tidak pahit, cocok untuk yang suka kenyal. Kalau yang suka paru kering dan pahit maka tidak saya rekomendasikan. Ususnya cukup kriuk, dengan isian usus yang khas. Tojoyo mungkin terlihat seperti tempat makan sederhana namun rasanya mantap boleh dicoba.

-----------------------

Jalan Urip Sumoharjo 133
(Seberang XXI)

Ayam: 10.500
Paru: 10.500
Usus: 10.500
Nasi: 4.000
Lalapan: 1.500

Tuesday, August 26, 2014



Haaiii.. habis lebaran celananya masih pada muat nggak nih? hihi, walapun jarum timbangan geser ke kanan asal-asalan hari selasa masih semangat buat mbakso dong. Yap, #Kebak kali ini lagi maen di daerah Seturan nih, tepatnya di Komplek Ruko Seturan, itu loh yang ada Bungong Jeumpanya juga. Di sini ada salah satu kios yang menjajakan menu bakso yang konon sangat terkenal di kota Semarang, kiosnya bernama Bakso Pak Geger.


Begitu pesanan datang saya langsung di"geger"kan oleh penampakan potongan tetelan yang sangat melimpah, bagi kamu pecinta tetelan pasti langsung ngiler begitu melihatnya. Selain tetelan dan tentu saja beberapa butir bakso terdapat juga sebuah pangsit yang ukurannya cukup tebal, tidak seperti pangsit di mangkuk bakso pada umumnya. Rasa baksonya sendiri bisa dibilang lumayan namun tidak ada yang spesial tapi cukup tergantikan dengan kehadiran tetelannya. Sebagai pelengkap kita bisa menambahkan perasan jeruk nipis dan satu hal yang tidak jamak ada di menu bakso yaitu acar.


Untuk menikmati sajian bakso dengan limpahan tetelan yang berasal dari ibukota Jawa Tengah tersebut kita memang harus merogoh kocek yang agak lebih, tetapi jika kamu tidak tahan dengan godaan tetelannya bakso yang satu ini tidak ada salahnya untuk dicoba.

Bakso Pak Geger


Bakso 15.000-20.000



Komplek Ruko Seturan

Monday, August 25, 2014



Jika ada warung bakso yang eksis di kalangan mahasiswa mungkin bakso yang salah satunya, karena memang letaknya cukup strategis yaitu di sekitar kampus UGM-UNY. Bakso EMHA buka dari jam 09.00-21.00 menyediakan Bakso Urat pada menu baksonya.


Satu mangkuk bakso komplit isinya bakso urat dengan ukuran sedang dan 3 butir bakso kecil, untuk tambahannya seperti di kebanyakan warung bakso di jogja yaitu ada bakso goreng, potongan tahu, serta mie kuning dan bihun. Untuk menyantap semangkuk bakso tersebut seperti biasanya saya terlebih dahulu mencicipi kuahnya dan ternyata kuahnya tidak begitu panas jadi berasa kurang seger tapi lumayan ada rasa kaldu sapinya walaupun nggak begitu kenceng. Rasa baksonya sih standar nggak ada yang spesial.



Jika dirasa kurang kenyang Bakso EMHA meyediakan ketupat untuk dimakan bersama baksonya, warung ini biasanya rame pada jam makan siang yang mayoritas pembelinya adalah mahasiswa.Segitu dulu jalan-jalan #KEBAK edisi kali ini, sampai jumpa lagi. :D





Bakso EMHA

Bakso 9000
Ketupat 1000


Selokan Mataram, Samping Sego Macan.



Sunday, August 24, 2014


Oho Koa? (Mau Makan Apa?) Begitu tulisan di cover menu warung naskuter. Begitu buka halaman selanjutnya, kami hanya bisa terpana. Banyak sekali ternyata makanan yang menarik dari Ternate, hingga kami bingung mau coba yang mana. Setelah berdiskusi akhirnya kami memilih beberapa menu yang memang menjadi andalan dan tidak ada di warung makan yang lain. Sambil menunggu makanan datang mata kami melirik poster-poster pemandangan Ternate yang dipajang di sekeliling dinding restoran.


Yang pertama adalah nasi kuning ikan kayu. Yup naskuter merupakan singkatan dari Nasi Kuning Ternate yaitu menu yang menjadi andalannya. Ikan yang digunakan adalah cakalang yang di masakering. Disajikan pula dengan potongan timun, kentang dan mie. Tekstur nasi kuningnya mantap sekali, pulen, wangi juga. Rasa ikannya, gurih pedas. Tapi bukan gurih pedas seperti biasa, ada rasa lain yang saya tidak mampu mendeskripsikannya. Wajib coba kalau ke sini.


Selanjutnya ada es brenebon. Yaitu es kacang merah dengan susu coklat dan sirup pisang susu. Rasanya manis sekali gabungan susu dan sirup, yum! Segar.


Terakhir kami pesan paket air guraka. Air guraka merupakan air jahe dengan gula, bisa juga ditambahkan dengan susu agar lebih manis dan teksturnya lebih tebal. Biasanya air guraka disajikan dengan panganan ringan seperti kacang asin dan pisang mulubebe yang dicocol ke sambal dabu-dabu. Apakah terasa aneh? tidak! justru enak sekali. Sambalnya sangat berminyak dan pedas hanya pas apabila diredam pisang. Saya sudah coba iseng masukkan sambalnya ke nasi kuning, ternyata tidak pas. Memang enaknya buat pisang.

Senang sekali rasanya bisa mencoba masakan dari Ternate. Kuliner Indonesia yang sangat beragam memang harus kita yang mencoba dan melestarikan. Seharusnya semua provinsi punya warung makan seperti ini, agar kita bisa saling coba dan menikmati perbedaan. 

-----------------------------------------------------

Warung Naskuter

Jalan Prof Dr Sardjito 11

Nasi Kuning Ikan 11rb
Paket Air Guraka Ngade 13rb
Es Kacang Brenebon 9rb





Akhirnya kesini juga setelah diberi tahu oleh mbak @melianach bahwa ibunya buka warung. Btw, kenalan dulu dong sama beliau, beliau top 31 Master Chef Indonesia 3. Kalau soal masakannya, top deh, udah pernah nyobain masakannya di Bandung. Jadi kalau Ibunya mbak Meli buka warung pasti ga jauh beda rasanya enak juga.

Ada empat menu mie di Mamamay. Mie ayam oriental, mie ayam jamur lada hitam, yamie ayam, mie ceker saos tiram. Karena waktu kami pergi makan cuma berdua jadi kami pilih yamie ayam dan mie ayam oriental saja. 


Yang di kiri penampakan dari Yamie ayam. Tekstur mienya kenyal. Dengan cacahan ayam yang asam manis. Kuah kaldunya gurih. Untuk melengkapi makannya saya tambah tahu bakso biar lebih pol!
Kalau yang di kanan penampakan dari mie ayam oreintal. Hampir sama dengan yamie ayam, hanya cacahan ayamnya lebih ke asin gurih. Dipadukan dengan pangsit dan cekernya yang aduhai ngangenin. Cekernya dibumbui saus tiram, rasa gurih manis dan pedasnya pas. Namun yang paling menyenangkan dari cekernya adalah teksturnya yang kenyal tidak lembek maupun keras, sehingga tidak menyulitkan ketika dimakan.

Yuk mampir di coba. :)

------------------------------------------------------

Mamamay Mie Ayam Oriental

Jalan Ringroad Utara
UPN 600m ke Barat, seberang Pasar Condong Catur

Mie Ayam Oriental 9rb
Mie Ayam Jamur Lada Hitam 9rb
Yamie Ayam 9rb
Mie Ceker Saos Tiram 10rb
Tahu Bakso (1pc) 2,5rb
Ceker Saos Tiram (3pcs) 10rb






Lele Goreng Tepung

Cita-citanya Lele Lela ingin menjadikan pecel lele mendunia dengan menu 100% Indonesia. Yeah, yang jelas Lele Lela memang beda dari biasanya. Apa yang ada di benak seringkali makan pecel lele adalah di pinggir jalan. Kebalikannya Lele Lela justru berbentuk rumah makan yang bersih dan terang tapi masih di pinggir jalan juga. Soalnya ga mungkin di tengah jalan, ntar ketabrak. Hehe, apa banget gak sih.


Lele Saus Padang

Untuk rasa, memang Lele Lela boleh diadu. Lele tepungnya mantap, tekstur lele menjadi sangat crispy. Walaupun bertepung, tidak mengalahkan isi tekstur lele yang lembut. Untuk rasa lelenya sendiri cenderung plain, tapi jangan takut karena sambel pasangannya enak banget.

Lele saus padangnya ga kalah enak. Sausnya pedas manis, lebih mirip saus Bangkok sih daripada Padang kalau yang dimaksud adalah "balado". Walaupun rasanya enak-enak porsi di Lele Lela nasinya sangat cantik. Jadi ya kurang mahasiswa kali ya kalau di Jogja.

Pecel Lele Lela sudah ada lama di Jogja. Tapi saya baru mau nulis sekarang karena udah lama juga ga kesini. Ternyata rasanya masih tetap konsisten. Dan harganya juga konsisten, sedikit lebih mahal dibanding yang lain. Tapi menurut saya harganya memang pantas saja untuk dibayarkan.

----------------------------------------------

Pecel Lele Lela

Jalan Gejayan 6B

Lele Goreng Tepung 12rb
Lele Saus Padang 12rb
Lele Lada Hitam 14rb
Ayam Bakar Madu 12,5rb
Bebek Goreng 16rb
Tahu Tempe 2,5rb
Nasi 3rb

Aye, sayap ayam. Siapa yang tidak suka? Di KingWing mereka punya menu spesial sayap ayam yang bisa disajikan dengan kentang goreng, nasi, ataupun mashed potato. Selain itu mereka juga punya menu poutine, kentang gaya Kanada yang berlumur saus.


Saya pesan sayap ayam dengan kentang goreng ukuran large. Ada 6 potong sayap ayam yang siap disantap, dengan kentang supaya berat dikit ngemilnya. Sayap ayam bisa dipilih apakah ingin pedas atau tidak, dan bisa pula dipilih sedang. Rasa ayamnya gurih saus barbecue, dengan taste keasaman di awal dengan pedas di akhir. 


Tempat yang saya kunjungi di daerah Moses, pindahan mereka dari jalan Taman Siswa. Tidak sulit dicari tinggal temukan plangnya saja di sisi utara jalan. Katanya ada satu lagi cabangnya di Jalan Kaliurang, tapi saya belum kesana. Semua menu di KingWing bisa dimakan di tempat ataupun untuk takeaway.

--------------------------------------------------

KingWing

Jalan Moses Gatotkaca

Roast Chicken Large With French Fries: 18rb
A la carte 3 sayap: 16rb
Beef Poutine: 16rb

Kuliner berbahan dasar nutella memang sedang tren. Kalau biasanya terkenal melalui martabak dan roti bakar, Nutellaria mencoba untuk mengolah nutella melalui menu yang lain. Mereka tetap menyediakan Martabak dan roti bakar nutella. Menu lain yang bisa dicoba, french toast, mousse, brownies dan pie.

Foto yang diatas merupakan menu french toast dengan pisang. Rasanya enak. Rotinya lembut, manisnya menengah dan porsinya mengenyangkan. Namun sayangnya rasa nutellanya sulit sekali terasa. Yang dominan di lidah hanya rasa pisang.


Pasangannya saya memesan minuman yang masih ada kaitannya dengan nutella, yaitu susu nutella. Di sini nutella lebih terasa. Susu segar yang plain menjadi sedikit manis dengan rasa dan tekstur yang sedikit kekcangan.

Nutellaria berada satu komplek dengan Frankwurst. Lokasinya tidak terlalu jauh dengan resto frankwurst yang lama. Hanya 500m ke barat. Baca review kami tentang frankwurst sudah di update juga seiringan kami ke nutellaria: Frankwurst
------------------------------------

Nutellaria

Jalan Sabirin No 20

French Toast Nutella Banana 20rb
Nutella Fresh Milk 15rb

Tuesday, August 19, 2014


Sebenarnya saya kurang paham dari mana asal penamaan Bakso Super Jepang di sini, apalagi setelah saya masuk ke dalam kemudian saya tidak menemukan mirin, nori, wasabi dll yang notabene adalah hal wajib ada di tempat makan yang menyediakan menu Jepang, saya langsung bertanya-tanya "mana Jepangnya??". Dari namanya warung Bakso yang terletak di ujung timur Yogyakarta ini memang agak membuat orang awam seperti saya terkecoh, karena di sini memang tidak hal-hal berbau Jepang.

Ada 4 menu bakso yang dijual disini yaitu Bakso Halus, Bakso Campur, Bakso Istimewa, dan Bakso Jumbo. Karena perjalanan ke tempat ini jaraknya cukup membuat perut saya keroncongan jadi saya memesan Bakso Jumbo dan tidak lama kemudian satu mangkuk berisi satu Bakso berukuran super besar, satu bakso halus beserta pangsit diantar ke meja saya dan seketika aroma bawang langsung tercium oleh lidah saya. Jika dilihat memang mayoritas bumbu yang digunakan pada bakso maupun kuahnya adalah bawang putih selain itu masih ditambah taburan bawang putih goreng pula, gurih memang ketika dimakan tapi untuk bakso jumbo dengan racikan bawang sebanyak itu menurut saya malah terasa agak too much jadi rasa dagingnya malah ketutup.


Jika kalian pengen ketemu Naruto atau Doraemon tentu bukan di sini tempatnya hehe, tapi jika kalian pengen nyobain bakso dengan ukuran tidak biasa tempat ini bisa dijadikan salah satu pilihan. Selamat Mencoba :D




Bakso Super Jepang

Baskso 11.000-14.000

Jalan Solo, Kalasan, Yogyakarta



Sunday, August 17, 2014


Mantap. Franchise batagor cuplis kini hadir di Jogja. Akhirnya.... inilah proper batagor! Batagor yang sejati dan nikmat untuk dimakan. Apa sih emangnya batagor? Ya, sama seperti makanan Sunda lainnya, nama datang dari singkatan. Batagor adalah BAkso TAhu GOreng. Selain batagor, cuplis juga jual siomay  dan mie yamin. Batagornya bisa pilih, mau ikan atau seafood. Kalau seafood pakai udang. Bisa campur juga. Bisa pula pilih ukuran jumbo. Siomaynya juga bisa pilih mau ikan atau seafood.


Mengapa batagor cuplis dikatakan proper? dari wanginya aja ya, beuh pasti bikin pengen bilang "ini baru batagor" belum lagi ukurannya yang besar serta teksturnya yang padat. Kuah kacangnya juga top! kalau mmau manis ga perlu ditambahin apa-apa. Kalau mau pedes ada sambelnya, kalau mau seger ada jeruk nipisnya. Seporsi batagor ada dua baso goreng dan satu tahu goreng. Sementara seporsi siomay ada satu siomay, satu tahu dan satu otak-otak goreng. Dua-duanya sama-sama enak. Tinggal pilih saja sesuai selera.


Karena mencari batagor yang proper agak sedikit jarang di Jogja maka bisa saya katakan batagor cuplis boleh dikunjungi kalau memang sedang ingin batagor. Somaynya juga top bila anda tidak berkeberatan dengan harganya yang sedikit lebih mahal dari biasa.

------------------------------------------------------------------

Batagor Cuplis

Lower Ground Ambarrukmo Plaza

Siomay Campur Otak-Otak 20rb
Siomay Kuah Campur Jumbo 35rb
Batagor Campur 24rb
Batagor Kuah Campur Jumbo 40rb
Es Teh Tawar 3rb
Es Teh Manis 5rb



Lotek Teteg! Wah paraaaahhh, jorooookkk... tetegnya siapa?
Ngawur ah, teteg itu artinya pagar, karena lokasinya di baciro dekat pagar perlintasan kereta api. Lotek Teteg cuma punya dua menu yaitu gado-gado sama lotek. Dua-duanya sama-sama enak. Sama-sama top class di perlotekgadoan. 


Ini nih penampakannya. Kebetulan saya lagi mau makan gado-gado. Isinya HD Blue Ray kalau kata dunia perfilman! sayur fresh, dengan telor, ketupat, belum lagi posinya yang super jumbo dan kerupuk berlimpah. Bagi dua juga bisa.


Minumnya ada kunir asem sama beras kencur dan berbagai minuman lainnya. Tapi biar makin sehat yah abis nyayur, njamu. Mantep kan, sehat, seger pula. Wajib dateng bagi penggemar lotek dan gado-gado

-------------------------------------------

Lotek Teteg

Jalan Argolubang 184, Gg. Delima GK IV/196
Seberang SPBU Baciro

Lotek 13rb
Gado-gado 14rb
Es Kunir Asem 4rb
Es Beras Kencur 4rb

Tuesday, August 12, 2014



Jika ada tempat makan bakso yang sering saya kunjungi, bakso urat arema ini adalah salah satunya. Dulu waktu pertama kali ke sini awalnya cuma iseng karena penasaran soalnya rame banget. Well, warung tenda yang terletak di Jln, Cik Di Tiro tepatnya di sebelah Computa ini emang extraordinary sih baksonya, nggak salah kalau tempat ini menjadi langganan saya. Lalu apa yang menjadikan bakso di sini spesial? we'll see :D



Sajian baksonya terdiri dari 2 gelinding bakso daging sapi, 1 bakso urat, 1 bakso goreng dan 1 pangsit goreng serta dengan tambahan mie kuning. Soal rasa bakso di sini manteb banget nggak cuma ngandalin micin tapi ketika kita mencicipi kita akan tahu kalau bumbunya emang maknyus banget. Kalau ngomongin bakso goreng saya rasa di sini adalah juaranya, saya kerap kali memesan extra bakso goreng ketika makan di sini, rasanya gurih dan tetep ada rasa dagingnya nggak cuma tepung doang, pas digigit juga nggak keras tapi crunchy jadi bikin pengen lagi dan lagi.



di sini masih menggunakan tungku arang untuk merebus baksonya jadi ada aroma khas ketika disajikan, jika kamu pengen ngerasain bakso goreng yang rasanya juara, atau sekedar pengen ngumpul sama temen-temen sambil menikmati bakso yang rasanya udah nggak perlu di raguin lagi tempat ini bisa jadi pilihan kamu.


Bakso Urat Arema


Bakso Komplit Rp. 8.000,-

Jalan Cik Di Tiro, Sebelah Computa

Monday, August 11, 2014


Annyeonghaseyo. Semakin banyak saja pilihan untuk menikmati sajian Korea di Jogja. Setelah ada beberapa rumah makan Korea yang kami review sebelumnya sekarang giliran Daehangno Pocha. Kami memang jarang mendengarkan K-Pop ataupun menonton K-Drama. Tapi kami menikmati K-Food. Yah biar ikut tren lah Key-Key-an.


Warungnya banyak tulisan Korea gitu. Karena saya ga bisa baca Hangeul jadi saya juga ga tau artinya apa. Terus TVnya nyetelin film-film korea. Hmm, ya sudah pastilah menyenangkan bagi para penggemar Korea.

Seperti beberapa warung Korea yang lain. Diberikan appetizer free, sayur toge yang saya selalu dikasih tapi selalu lupa namanya dan kimchi. Sayur togenya enak, sudah menyatu dengan lidah lokal. Kimchinya juga tidak terlalu strong.


Lalu makanannya kami mencoba Dosirak Busan A. Nasi box yang berisikan teh, sup, buah, kimchi, nasi dengan lauk bulgogi & udang tepung. Rasa udang tepungnya enak, gurih. Tetapi bulgoginya manis sekali mirip semur. Selain ini kami juga pesan Dosirak Daegu B, yang isinya ayam tepung dengan paejeon. Yang ini lebih enak, karena ayam tepungnya juga gurih tapi paejeonnya mantep juga. Paejeon sejenis martabak korea yang bahannya dari telur dan isinya sayur. Sayang kelaperan jadi ga sempet difoto.


Penutupnya kami coba Matang. Hah apaan tuh matang? emang yang sebelumnya pada mentah alias ga matang? Ya ga lah. Matang tuh ubi yang caramelized terus dikasih taburan wijen hitam. Kami mencoba ini karena belum ditemukan di restoran Korea lainnya di Jogja. Ternnyata rasanya unik juga, kalau hanya ubinya akan terasa manis, namun kalau disambi gigit wijen maka akan terjadi perpaduan manis gurih.



Kalau makan di Daehangno Pocha boleh gratis foto pake Hanbok. Lumayan juga. Biasanya kan cewek seneng yang oenjoe-oenjoe begini. Harganya tergolong murah diantara per-Korea-an tapi mahal juga untuk dibanding menu restoran non-Korea. Pelayanannya dapat agak lambat, tetapi ya sudah. Kami juga sedang tidak terburu-buru kebetulan. Mungkin memang disuruh menunggu sambil pasang Hanbok. Ha nbok piye?

-------------------------------------------------------------

Daehangno Pocha

Jalan Teknika Utara Selokan Mataram

Dosirak Busan A 33rb
Dosirak Daegu B 27rb
Matang 8rb
Appetizer free
Minum free untuk pemesanan dosirak