Wednesday, November 12, 2014


Sebagai manusia yang tak kenal lelah mencari ilmu *tsah* kami pergi ke angkringan kopdar untuk mengerti lagi lebih banyak tentang kopi. Angkringan kopdar sudah terkenal menyajikan berbagai macam single origin. Beruntung pada saat kami datang angkringan sedang sepi dan mas Gilang sedang santai, sehingga bisa memberikan wejangannya mengenai kopi kepada kami yang cetek banget ilmunya tentang kopi. Awalnya mas Gilang bertanya kepada saya mau minum apa? lalu saya minta untuk dipilihkan yang tidak terlalu asam, maka di seduhlah kopi flores bajawa untuk saya. Dan Sunda Geisha untuk @d_adad yang tertarik karena namanya.

 

flores bajawa & sunda geisha

Sambil kami menyeruput kopi dan menikmati gorengan, mas Gilang bercerita bahwa ketertarikannya terhadap kopi sama seperti tertarik kepada wanita. Mulanya jatuh cinta tiada menggunakan perantara ataupun mak comblang. Keingintahuannya terhadap kopi datang begitu saja seperti jatuh cinta lalu kemudian tertarik untuk mengetahui lebih dalam untuk mengerti tentang kopi.

Kemudian kami juga diajarkan sedikit tentang pengaruh region serta karakteristik kopi. Berbeda sedikit saja perlakuan kopi, maka akan beda rasa yang tiba di gelas. Entah itu dari cara penanamannya, lokasi penanamannya, waktu pemetikan, waktu roasting, bahkan sampai pada waktu brewing. Namun walaupun terkena sentuhan yang berbeda biasanya kopi dari setiap region memiliki benang merah kekhasannya yang sama, sembari membuka toples kopi dan menyerahkannya kepada kami untuk mencium aroma biji kopi yang berbeda-beda.


Di angkringan kopdar peminum kopi boleh saja menambahkan susu kental manis ataupun gula apabila diminta. Namun idealnya, meminum kopi adalah tanpa tambahan apapun karena karakteristik rasa kopinya akan hilang apabila ditambahkan macam-macam. Tapi itu masalah selera, karena apabila memang suka kopi manis maka tidak mengapa. Jangan lupa, kopi pun bisa disajikan manual brew disini menggunakan v60, vietnam drip atau aero press. Tidak terasa waktu kami habis disini, banyak sekali ilmu yang didapat dari angkringan sederhana ini. Setelah membayar kami pun berpamitan untuk lanjut kulineran lagi.

------------------------------------

Angkringan Kopdar

Jalan Jenderal Sudirman No 18

Flores Bajawa: 6rb
Sunda Geisha: 20rb
Gorengan: 1,5rb

Tagged: , , , , , , , , , ,

0 komentar:

Post a Comment