Thursday, December 22, 2016


Cebu City itu unik, di jalan tidak banyak orang berlalu lalang, begitu tiba di Mall isinya lautan manusia. Siang itu kami kembali ke Ayala Mall untuk mencari makan. Setelah mengecek Zomato, maka kami memutuskan untuk pergi ke restoran lokal yang memiliki rating paling tinggi yaitu Hukad.


Kami datang sebelum jam 11.30 langsung mendapatkan kursi.  Tidak lama kemudian Hukad menjadi sangat ramai dengan pengunjung kebanyakan keluarga dan petinggi kantor. Hukad terkenal karena menu-menu klasik Filipina. Menu cukup mudah dicerna penutur bahasa asing karena mereka memisahkan starter, main course dengan dessert. 


Saya memesan garlic rice, tortang talong, sizzling bangus, halo-halo, budbud turon dan jus jeruk kalamansi karena mereka sedang kehabisan jus kelapa khas Filipina yang terkenal. Di Hukad nasi yang dipesan bebas untuk di refill. Apabila nasi di piring mendekati habis, maka akan ada pegawai yang cekatan menghampiri anda bertanya apakah mau menambah? Pegawai yang bertugas menambah nasi berdiri dengan mengalungkan penyimpan nasi dari kayu di sudut restoran.


Tortang talong secara harafiah artinya adalah terong tepung. Sederhana, tapi di Indonesia belum pernah saya lihat terong tepung yang breaded seperti ini. Tortang talong datang dengan acar. Sulit untuk melupakan rasa tortang talong ini, karena saya kagum dengan kehebatan mereka menciptakan lauk yang begitu renyah diluar dan begitu lembut sampai meleleh terongnya di dalam.


Kemudian ada sizzling bangus with coco cream sauce. Kalau yang ini bahasa Indonesianya adalah bandeng piring panas dengan saus santan. Bandeng lembut dengan saus santan yang creamy tapi juga gurih berkat pengaruh bawang. Lebih mantap setelah ditambahkan cabai. Di Filipina, cabai berstatus kondimen, bisa diminta. Ada empat kondimen yang disajikan di meja oleh Hukad yaitu kecap asin, cuka, jeruk nipis dan cabai. 


Kami makan sampai tambah nasi dua kali, memanfaatkan gratis dan karena memang rasanya enak. Kemudian kami langsung menghajar budbud turon. Turon berarti lumpia manis, budbud turon merupakan lumpia dengan isi ketan. Rasanya manis dari siraman saus coklat dan saus mangga. Budbud turon setelah makan terasa sangat padat, seharusnya pesan turon yang original saja tanpa isi.


Walaupun kenyang, selalu ada tempat di perut untuk es! Es campur khas Filipina ini namanya halo halo. Yang buat khas eskrimnya harus pakai eskrim ubi ungu. Tidak lupa juga air kelapa yang buat rasa segar es campurnya beda.  Halo halo sendiri artinya campur-campur, nah campurannya ini yang beda-beda di tiap tempat. Seperti di Hukad mereka pakai cornflakes, lalu ada juga nangka, kolang kaling, agar-agar, nata de coco, kacang merah. Sampai lupa kalau tadi sudah kenyang!


Sangat direkomendasikan apabila anda berkunjung ke Cebu City.

-----

Hukad

Ayala Malls 360, Ayala Center, Cebu City

Calamansi Juice: 52 PHP
Tortang Talong: 93 PHP
Sizzling Bangus: 165 PHP
Budbud Turon: 85 PHP
Halo Halo: 110 PHP

-----

Lebih dekat dengan hungerranger, follow:


Tagged: , , , , , , , , , , , , , , , , , ,

0 komentar:

Post a Comment