Friday, March 13, 2015


Alhamdulillah, ada lagi resto yang menonjolkan kuliner nusantara. Kali ini dari Celebes alias tanah Sulawesi. Bertempat di jalan Simanjuntak tempat ini agak tricky kalau bawa mobil. Kadang parkirnya penuh, kalau kelewatan muter lagi jauh. Maklum satu arah.


Ketika kami datang sekitar jam tujuh sudah banyak menunya yang sold out. Padahal banyak menu yang menarik karena menu yang dijual tidak hanya dari Sulawesi Selatan melainkan dari berbagai penjuru Sulawesi. Saran kami mungkin kalau mau ke sini coba siang ketika masih lengkap.


Pesanan kami yang pertama datang dari ujung utara Pulau Sulawesi yaitu bubur manado. Bubur ini teksturnya memang rough, bersama jagung, bayam dan bawang. Bubur ini dikenal juga dengan nama tinutuan. Buburnya tidak menggunakan daging ayam, melainkan ikan asin. Ikan asin adalah kunci kenikmatan dari bubur manado yang satu ini.


Selanjutnya ada mie titi. Yang ini dari Sulawesi Selatan. Mie kering disiram dengan kuah kaldu gurih. Isinya cukup kaya ada bakso, udang, ayam dan telur. Teksturnya renyah, kriuk kriuk ketika digigit.


Terakhir penutup kami pilih menu paling populer dari Sulawesi yaitu es pisang hijau. Perpaduan manis sirup merahnya khas dengan pisang yang kenyal kenyal lembut.


Retro Celebes

Jalan C Simanjuntak No 36

Bubur Manado: 12rb
Mie Titi: 17,5rb
Es Pisang Hijau: 10rb

Tagged: , , , , , , , , , , , , ,

1 comment: