Wednesday, February 18, 2015


Wah, kaget banget waktu tau ada sate maranggi sekarang di Jogja. Makin kaget pula waktu tau yang jual ternyata mang sams mith yang menang grammy.  Dengan hadirnya sate maranggi mang ini adalah bukti bahwa semakin kaya deretan kuliner Khas Sunda di Jogja. Lokasinya di Jakal Km 8,5. Kalau kamu dari arah selatan plangnya akan mudah terlihat dengan jelas di barat jalan. Jangan takut untuk masalah parkir. Parkir mobil luas! apalagi buat motor, yang kaya gini saya demen hehehe.


Sambil Mang Sams bakar satenya kami sempat ngobrol ngobrol sedikit dengan pemiliknya Mang Arbi. Ternyata namanya bukan Sams. Mereka namain satenya Sams karena punya impian ingin sebesar negara Paman Sam. Wuah, keren juga filosofinya, saya doain semoga bisa beneran jualan sampe ke Amerika. Alasan kenapa mereka jual sate maranggi karena memang belum pernah ada sebelumnya di Jogja. Dan untuk menjaga keaslian dari sate maranggi mereka pasangkan dengan ketan dan oncom. Wah wah, hebat juga pikir saya karena memang mencari oncom di Jogja bisa dibilang susah banget. Selain sate maranggi, menu andalan lainnya adalah soto tangkar. Soto asli Betawi tersebut juga bisa kamu coba di Mang Sams.


Seporsi soto tangkar cuma sembilan ribu perak saja. Harga mahasiswa pastinya menurut Mang Arbi. Dengan harga terjangkau sudah dapat soto tangkar dengan potongan iga sapi sama babat. Kuahnya juga nyes pake bawang sama tomat. Jangan lupa empingnya biar kriuk. Soto tangkar cocok banget nih buat yang pengen anget anget, atau pas lagi ujan.





Kalau sate maranggi seporsinya enam belas ribu. Sate maranggi campur lemak sembilan belas ribu. Saya coba yang tanpa lemak. Dan menurut hemat saya adalah... ehm, sate marangginya enak manis gurih, oncomnya juga enak pedes fresh, ketannya juga enak lengket lengket nagih... tapi... kalau semuanya dimakan barengan... wuah... kesempurnaan  Manisnya dapet, gurihnya dapet, pedesnya dapet. Belum lagi perpaduan tekstur kenyal dan empuk. Jadi pengen nambah.


Untuk minumannya yang spesial adalah teh naga & jeruk kelapa muda, semuanya disajikan dengan gelas jumbo! Kalau mau yang seger pilih jeruk kelapa. Kalau mau manis coba teh naga, datang dari malang wangi banget bau vanilla.

Kami senang sekali icip icip menu tradisional Indonesia. Kalau kamu memiliki selera yang sama maka Sate Maranggi Mang Sams wajib di list untuk dikunjungi.




Soto & Sate Maranggi Mang Sams

Jalan Kaliurang Km 8,5

Sate Maranggi: 16k
Soto Tangkar: 9k
Kelapa Muda Jeruk: 6,5k
Teh Naga: 3k

Tagged: , , , , , , , , , , , , , , ,

2 comments:

  1. seriusan bayar 16 ribu ? kemarin saya pesan sate maranggi yang tanpa lemak bayarnya 19 ribu

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul kok, tanpa lemak 16rb. Dengan lemak 19rb. Kami ambil langsung dari buku menu. Salah catat di kasir mungkin.

      Delete