Friday, April 17, 2015



Kunjungan kedua saya di Canting kali ini sedikit berbeda. Saya berkesempatan mencoba menu baru di restoran fine dining ini. Menu yang saya coba adalah "Indonesian Menu". Canting mencoba memberi pendekatan baru ke customernya dengan menu yang lebih familiar. Petai and Wagyu Fried Rice jadi pilihan pertama saya. Nasi goreng petai dengan sentuhan premium khas daging wagyu. Nasi goreng dengan aroma khas nasi goreng yang dimasak dengan angklo, smoky khas angklo. Kemudian dengan bumbu ala nasi goreng jawa. Daging wagyunya memberi sentuhan baru di nasi goreng ini, daging yang dimasak medium, empuk dan menjadi pelengkap yang menawan. Kemudian ada Tempeh Mendoan yang disajikan berbeda dengan melted cheese dan 3 varian dipping sauce, salah satu yang paling menonjol adalah sambal bajak tadi.


Nasi Campur, kedengarannya simple. Sebenarnya persiapan untuk menghadirkan hidangan ini tidak mudah. Karena ada 4 unsur yang harus dimasak sendiri-sendiri. Mulai dari semur daging, sayur kare, telor balado dan sambal teri. Nasi Campurnya dihidangkan di atas piring gerabah. Unik.


Mie Ayam Truffle , mie ayam premium yang pernah saya cicipi. Mie Ayam Truffle dengan minyak truffle yang memberi citarasa lebih gurih di mie ayam. Mienya juga lebih pipih dari mie ayam biasanya. Kuahnya enak, tapi lebih cocok kalau tidak dicampur semua ke mie ayamnya. Sebelum makan, usahakan mengaduk mie ayam dan minyak trufflenya merata. Kemudian ada Ayam "Setan" , fried chicken wing yang sebelumnya sudah dimarinate dengan bumbu pedas, disajikan dengan dipping sauce yang memberi after taste uh... menyengat kepedasan. 


Varian mocktail ini yang menurut saya paling istimewa di Canting. Mengingatkan saya ke mocktail Apple Chili Mint. Nama mocktail ini Rojak. Please jangan diremehkan. Ini varian mocktail yang menurut saya bisa kita kenalkan ke luar negeri. Indonesia punya varian mocktail sendiri.. Rojak. Direkomendasikan.


Asem. Namanya emang asem. Jadi inget, serasa minuman kotak Sari Asem yang dulu banyak dijual. Cuma yang ini lebih seger karena udah di blend dulu. Ini favorit saya juga selain Rojak tadi.


Nyobain dikit ini, cuma nggak terlalu suka sih. Seger sih, cuma ya gitu nothing special aja.


Overall, seru juga punya kesempatan nyobain menu baru di Canting ini. Seneng bisa bantu kasih masukan ke Canting. Seperti dugaan, Canting tidak mengalami penururan kualitas, semakin membaik menurut saya.  Salah satu restoran fine dining terbaik di Jogja saat ini.







Top, top class. Salah satu restoran terbaik yang pernah saya kunjungi di Jogja. Ambiencenya menyenangkan. Anda bisa membuka kaca dan melihat sebagian kota Jogja dari atas gedung Galeria Mall. Pelayanannya masih sedikit kurang sigap tetapi dimaklumi karena masih baru buka dan tidak menjadi masalah karena mereka melayani sangat ramah.


     

Canting memang tidak mudah untuk diakses. Restoran ini ada di lantai paling atas gedung Galeria Mall. Apabila anda ingin mengakses dari lift di lantai bawah maka pastikan anda memberi tahu security bahwa anda ingin makan di Canting. Apabila anda ingin masuk secara manual maka naik hingga lantai 3 masuk di lorong belakang pintu Matahari Dept Store, yang nantinya anda akan diarahkan menuju lift untuk naik satu lantai lagi


Jadi, minum dulu sebentar... Saya baru tau Aqua punya produk sparkling. Selama ini saya pesan Equil untuk sparkling water. Segelas sparkling water dengan potongan lime tidak pernah salah. Saya datang berempat. Tempat ini cocok apabila anda menginginkan quality time. Pelayanannya pun tidak lama. Menu-menu segera datang setelah dipesan. Ada tiga main course dan dua desserts yang kami pesan.


Penne Ala Buttera. Pasta ini memiliki rasa dominan asin gurih creamy dari saus tomatnya. Penne bertekstur pas. Tidak keras juga tidak lembek. Bertabur potongan daging dan kacang polong. Rasanya ok. Decent, but not the best one.


Steak Ala Plancha. Steak filet mignon masak wajan ini bisa diorder tingkat kematangannya. Disajikan dengan silky mash, yaitu mash potato yang lebih lembut lagi. Silky mash terasa enak namun terjadi sedikit kecanggungan di mulut saya karena kurang terbiasa makan kentang yang sangat halus. Lalu disajikan pula dengan jamur tiram panggang dan sayur kembang kol. Also a decent one.


Canting Joss Burger. Terinspirasi dari kopi joss, canting menyajikan burger ini dengan sangat baik. Burger menggunakan coffee bun, coffee rub patties dan espresso barbecue sauce. Bun memberikan sensasi aroma dan rasa yang berbeda. Terasa sedikit manis di bagian bun dan sangat baik di bagian patty. Tidak hanya patty burger joss juga punya isi onion ring, beef bacon dan keju cheddar. Kentang yang disajikan tidak hanya sekedar garnish, tetapi juga gurih. Joss. Wajib coba.


Banoffee Pie. Dessert asal Inggris ini disajikan sempurna. Hanya ada pujian untuk banoffee pie Canting. Kaya rasa manisnya. Dulche de leche, atau susu manis yang dipanaskan hingga menjadi krim bersama pisang dan karamel leleh didalam menjadi kunci kenikmatan pie. Canting berhasil melelehkan pisang dengan pas untuk isian pie. Tidak menjadi membosankan karena elalu ada remahan kacang, remahan coklat serta renyah lembutnya adonan pie. Kaya tekstur pula. Direkomendasikan. 


Bandrek Panna Cotta. Kali ini giliran dessert dari Italia, namun dengan citarasa Indonesia. Krim masak rasa kelapa ini memiliki tekstur empuk bantal. It's like dream pop in culinary term btw. Saus hangat rasa bandrek menjadi penyempurna panna cotta.


Mocktail Orange Pop Rock. Mocktail segar ini punya bahan dasar orange dan strawberry. Namun yang paling menyenangkan mereka menggunakan permen serbuk yang meledak di mulut.



Mocktail Bubble Gum. Buah naga dicampur dengan cranberry juice. Rasanya sangat asam namun diredam dengan sirup bubble gum sehingga menjadi asam dengan sedikit sentuhan manis.


Canting Jogja adalah restoran yang berkualitas. Mempunya kelebihan sajian dessert yang sempurna serta mocktail yang luar biasa segar. Canting merupakan tempat yang tepat untuk dimasukkan ke dalam list resto untuk quality time anda.


---------------------------------------------------------------------------

Canting Restaurant

Rooftop Galeria Mall

Appetizers: 30-40rb
Main Course: 35-110rb
Desserts: 45rb
Snacks: 30-48rb
Drinks: 10-100rb

Tagged: , , , , , , , , , , , , , , , ,

9 comments:

  1. Saran aja, buat foto2nya mungkin bisa lebih 'niat' pake dslr atau pocket cam yg lumayan bgs, kalo blognya udh bagus tp fotonya keliatan pk kamera hp rasanya sayang, hehehhe

    ReplyDelete
  2. overall, skor canting berapa kak untuk kisaran harga fine dining restaurant gitu? penasaran pengen kesana tapi masih was was kalo lidah kecewa hihi :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. kami tidak memberi skor. karena selera masing2 orang bisa berbeda. tetapi menurut kami mereka sangat baik di bagian dessert dan mocktail. semoga membantu.

      Delete
  3. wah tempatnya dimana ya ini di gale, malah baru tau kl ad resto di rootop nya nie , besok kl maen gale ak tak coba cari2

    ReplyDelete
    Replies
    1. tempatnya di rooftop mas, naik lift yang ada satpamnya.

      Delete
  4. Barusan aku ke gale sendirian. Niatnya mau nonton ngayogjazz di situ. Pas sampe di gale, aku coba naik sampe lantai terakhir yg isinya mainan. Aku pikir restonya di situ. Trus berhubung gak keliatan rame, akhirnya aku balik. Beneran ada ngayogjazz di situ gak sih? Soalnya aku liat di twitter (info jogja)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah, nggak tau kak kalo di pojok ada lift. Tapi kemarin beneran ada event yg jazz gitu gak sih?

      Delete