Saturday, October 18, 2014



Tempatnya tidak jauh dari perempatan Jetis. Hanya sedikit membingungkan karena harus masuk gang pertama arah selatan dari perempatan. Gangnya kecil dan apabila tidak fokus maka tidak terlihat. Namun begitu sudah masuk ke dalam gang dapat terlihat motor-motor dan mobil-mobil berjejer parkir lengkap dengan tukang parkirnya di depan warung rasa sayange. Menandakan warung sederhana ini sangat laris dan dicari orang.


Kunjungan saya ke Rasa Sayange adalah karena tertarik dengan masakan Indonesia Timur, mereka jual papeda, kasbi dan patatas. Lauk mereka cuma ada ikan. Yang saya ingat ada kakap, tongkol, baronang, kerapu, tuna, mungkin ada juga yang lain, tapi saya kurang hafal. Ketika kami sedang kemari mas yang bakar lagi bakar cumi, terus dia bertanya, sekalian cuminya ga? melihat kesegaran cuminya langsung saja saya mengiyakan tanpa berpikir dua kali.


Pesanan kami tuna dan kerapu datang. Disajikan dengan sambal colo-colo dan dabu-dabu. Sayurnya ada tumis kangkung dan bunga pepaya. Begitu mencoba ikannya luar biasa segarnya. Menu ikan tersegar yang pernah saya coba di Jogja. Mereka bahkan berani jamin tidak segar kami ganti. Ikan lalu saya pakaikan colo-colo... luar biasa segar... dipakaikan ke dabu-dabu... jadi semakin mantap karena pedas! Barengan dengan sayur kangkung dan bunga pepayanya makin lengkap. Sempurna. Ga ada cacatnya. Ini warung enak banget. Asli. Ga boong.


Ini Papeda yang biasa dimakan dengan kuah kuning. Setiap pesen Papeda selalu dapat tambahan kuah kuning, cuma kita bisa request juga kalau pengen pesen daging ikannya. Papeda cara makannya berbeda dengan nasi, jadi harus langsung ditelan jangan dikunyah, bisa eneg banget kalau dikunyah.



Cuminya juga ga kalah seger. Juicy abis. Sesuai dengan ekspektasi. Mantepppp. Untuk kerapu satu ikan cocoknya satu orang. Tapi tunanya super tebel, berdua juga oke. Ah, sangat tidak menyesal makan kesini. Untuk kesegaran ikannya nomor satu. Pasti balik lagi kesini!

-------------------------------------------------

Warung Rasa Sayange

Jalan Jetis Pasiraman 11

Tuna 40rb
Cumi 35rb
Kerapu 25rb
Sayur, Sambal, Minuman: Gratis

Tagged: , , , , , , , , , , , ,

4 comments:

  1. Barusan nyobain cumi2nya.. beenran enak! Padahal bakarnya tanpa kecap..btw papedanya juga oke lho kak,cm agak mihil

    ReplyDelete
  2. jetis pasiraman itu mana Yo? dr arah selatan berarti dr tugu ya? terus ke mana? buta arah nih hehehe :B

    ReplyDelete
    Replies
    1. arah selatan karena dari utara ken. gang pertama. :)

      Delete