Sunday, October 26, 2014


Saya selalu senang dengan beragam kopitiam. Menu-menu peranakan Melayu - Hokkien selalu familiar dan nyaman di lidah saya. Dan kali ini kopitiam yang merambah masuk Jogja adalah Eastern Kopi. Berlokasi di Jalan Seturan, mereka memiliki kapasitas ruangan yang besar. Ada dua bagian yang bisa dipilih yaitu outdoor dan indoor. Kebetulan saat bersantap saya memilih indoor karena cuaca yang sedang sangat panas. Tempatnya nyaman, memiliki meja yang cukup besar sehingga tidak merasa kesempitan walaupun ada banyak mangkuk dan piring.


Menu berat pertama adalah nasi hainam ayam panggang. Bisa dilihat ada banyak piring dalam set, sehingga nyaman untuk duduk makan dengan meja besar, Nasinya mantap, gurih. Begitu pula dengan ayam charsiunya empuk. Untuk kuahnya terlalu tajam rasa jahe. Membuat kuah sedikit pedas. Acar timunnya juga asam segar oke.


Menu berat kedua adalah laksa singapur. Kuahnya sudah mantap, bersantan kental dengan rasa pedas gurih udang. Walaupun sudah lengkap dengan isi mie dan beberapa potongan ayam dan telur, buat saya belum kenyang kalau belum pakai nasi. Jadi saya menambah nasi untuk laksa, tetapi bagi beberapa orang kebiasaan saya ini aneh.


Trio minuman yang kami pesan: lychee drink, teh tarik dan jus kedondong. Sedikit kecewa karena lychee drinknya ternyata hanya minuman kalengan dari yeo's. Begitu pula dengan teh tariknya yang kelewat bold tehnya dan tidak terasa manis ataupun berbuih, mungkin teh bubuk bukan teh tarik asli. Tetapi kekecewaan berganti begitu mencoba jus kedondongnya. Jus kedondongnya sangat thick teksturnya tapi asam khas kedondong dan sangat segar. Rasanya juga mantap karena memasukkan kiamboy ke dalam jus sehingga membuat jus menjadi ada sedikit sentuhan layer asam yang lain serta manis gurih. 


Penutup sekaligus sembari bersantai menikmati hari libur saya memesan roti kaya. Tersaji dalam delapan potong, roti ini bisa dimakan berdua. Rotinya cukup empuk, kayanya tidak terlalu manis. Lumayanlah rasanya.

Menu-menu makanannya di Eastern Kopi TM sudah memenuhi standar kepuasan kami, kecuali teh tariknya agak off. Wi-fi yang kami gunakan di Eastern Kopi TM berjalan baik. Jadi kesimpulannya baik makan berat ataupun ringan, cepat ataupun nongkrong lama, Eastern Kopi TM sangat nyaman.

--------------------------------------


Eastern Kopi TM

Jalan Seturan A 9-10

Nasi Ayam Hainan Panggang 37rb
Laksa Singapur 36rb
Nasi Putih 7,5rb
Teh Tarik 13,5rb
Lychee Drinks 12rb
Jus Kedondong 23rb
Roti Kaya 17rb

Tagged: , , , , , , , , , , , , , , ,

0 komentar:

Post a Comment