Thursday, October 9, 2014

 

Berakhir pekan ke Bandung memang menyenangkan. Banyak sekali tempat jalan-jalan yang bagus. Salah satunya adalah floating market. Tempat ini aslinya di Lembang, tapi kan masih masuk Kabupaten Bandung Barat, samain aja lah ya. 

Jadi begini, sesuai namanya floating market isinya adalah pasar terapung. Dimana yang jual makanan di kapal yang mengapung di atas danau. Pembeli akan bertransaksi dari pinggiran, tapi kalau menyewa mereka juga menyediakan kapal untuk yang mau mengelilingi danau. 

Tempatnya sangat luas dan asri, cocok dikunjungi bersama keluarga. Tiket masuknya sepuluh ribu pada weekday dan lima belas ribu untuk weekend. Sudah termasuk welcome drink.

 

Mata uang yang berlaku di floating market adalah koin dari mereka. Tersedia mulai dari pecahan lima ribu sampai seratus ribu. Kelemahannya adalah mereka tidak menerima refund. Sehingga sebelum makan anda harus memilih agar tidak lapar mata atau bocor dari budget.

Menu makanannya bervariasi. Dari menu Sunda, menu Indonesia, menu barat maupun menu Asia. Ada banyak sekali tenant di floating market yang bisa dipilih. Untuk mengelilingi semuanya akan sedikit memakan waktu. Apalagi kalau kelilingnya sama yang suka bingung milih, Hehehe.

 

Yah namanya juga ke barat, alias Jawa Barat maka saya pilih menunya Nyundaan dikit dong coy. Nah yang di foto sebelah kiri ada cuanki, surabi oncom sama es goyobod. Cuanki ini isinya ada bakso, somay, tahu. Gosipnya cuanki dateng dari nama cari uang jalan kaki. Karena jualannya dipikul keliling dulu. Hehehe. Cuanki di floating market ini mantep. Tebel-tebel coy. Harganya emang mahal dua puluh ribu, tapi makan seporsi langsung kenyaaang.

Lanjut ada surabi oncom. Pasti udah tau kan surabi? Oncom juga kan? Terus es goyobod, yang ini unik. Es campur pakai kelapa dan tape juga hunkwe, kadang ada yang pake gula aren tapi yang disini pakai sirup dan susu. Nah kalau yang di kanan adalah tahu gejrot. Tahu yaaaaannngg di gejrot. Hahaha. Di potong gitu tahunya, terus diulek sama cabe, bawang dikasih kuah


Terakhir saya masih memesan dua makanan kecil lagi. Ada gemblong dan bandros! atau yang kadang dikenal orang sebagai pancong. Gemblong terbuat dari tepung ketan dan gula merah. Rasanya empuk manis. Ada juga yang buat gemblong dari ketan hitam, selain warnanya yang berbeda adalah wanginya ketan hitam yang khas. Kalau bandros terbuat dari tepung dan kelapa. Bandros bisa dibuat manis atau asin tergantung request yang ngebedain ntar toppingnya yaitu gula atau keju.

Nah banyak kan menu nyundaannya. Yuk jalan-jalan ke Floating Market Lembang ramai-ramai sambil ngicipin menu nusantara yang enak-enak. Dijamin seru. :)

--------------------------------------------

Floating Market Lembang

Jalan Grand Hotel

Lembang, Kabupaten Bandung Barat

Tagged: , , , , , , , , , , , , ,

0 komentar:

Post a Comment