Sunday, January 11, 2015


Pierogi Buah

Nama negara Polandia memang tidak akrab bagi banyak orang di Indonesia. Kecuali bagi para penggemar sepakbola yang mengikuti Piala Eropa tahun 2012 dan anak-anak AIESEC yang memang banyak sekali hilir mudik melakukan pertukaran pelajar antara Polandia - Indonesia. Akhir tahun kemarin kami menerima dua orang tamu dari Polandia, yaitu Piotr dari Poznan dan Maria dari Warsawa. Dua orang ini datang untuk proyek AIESEC di Jakarta, namun sedang berlibur ke Jogja.

Sudahlah nama Polandia tidak terlalu akrab di telinga. Apalagi nama kulinernya? Kuliner Polandia tidak mentereng seperti Prancis dengan Escargot dan Baguettenya atau Italia dengan Pasta dan Pizzanya. Kuliner Polandia berbagi rumpun dan sejarah dengan negara Slavic lainnya seperti Ukraina dan Rusia. Selain itu Polandia kulinernya juga memiliki pengaruh dari Jerman, Hungaria dan Austria.


Karena penasaran, kami mencoba meminta Piotr & Maria untuk memasak di rumah. Dan ternyata mereka setuju. Mereka membuatkan dua menu untuk kami khas Polandia yaitu Zurek & Pierogi. Dua menu ini dipilih dengan alasan mudah bahannya. Maria sudah membawa Zurek instan dari Polandia. Sehingga tinggal menyeduhnya saja sampai berbentuk sup. Selain itu penyiapan zurek hanyalah telur rebus, sosis, dan kielbasa (sosis Polandia) yang sudah Maria bawa juga dari Polandia. Secara internasional, Zurek lebih dikenal dengan nama Sour Rye Soup. Rye merupakan tanaman sejenis gandum.


Zurek

Menyiapkan Zurek tidak memakan waktu lama. Dalam waktu setengah jam satu mangkuk besar Zurek siap kami santap bersama. Rasanya kental masam gurih. Kombinasi yang jarang ditemui di kuliner Indonesia. Makin nikmat teksturya ketika berpadu dengan menggigit telur dan sosis yang lembut. Lebih kenyang mungkin kalau pakai nasi, tapi saya yakin mereka pasti tidak akan setuju kalau di sanguan (pake nasi).




Tahap Pembuatan Pierogi

Menu yang kedua adalah Pierogi. Menu ini sempat menjadi bahan obrolan yang panjang diantara kami dengan mereka. Karena sebelumnya saya sudah pernah mengenal Pierogi dengan nama Varenyky di Ukraina. Pierogi maupun Varenyky merupakan makanan yang sama, hanya penyebutannya saja yang berbeda karena berbeda negara. Pierogi merupakan pastel rebus. Isinya bisa manis ataupun gurih. Bila gurih biasanya berisi kentang, bawang atau daging. 

Untuk Pierogi manis umumnya berisi buah berry dengan tambahan gula atau saus buah / karamel sebagai topping di luar. Tetapi yang kami masak kali ini agak berbeda. karena tiba-tiba Piotr mendapatkan ide gila untuk mengisi Pierogi dengan buah eksotis dari negara tropis semacam buah naga dan nanas. Pierogi bisa dinikmati kapan saja sebagai camilan ataupun dessert. Pierogi yang kami buat malam itu memiliki rasa asam manis dan juicy karena buah tropis. Seandainya menggunakan berry maka akan terasa lengket. Teksturnya lembut kenyal. Pierogi bisa dimasak jadi fried pierogi juga. Untuk sausnya bisa diberi gula cair, atau maple syrup atau saus strawberry.


Piotr & Maria

Terima kasih Piotr & Maria sudah berbagi ilmunya mengenai kuliner Polandia kepada tim Hungerranger. Semoga kita bisa bertemu dan berbagi pengetahuan lagi.

Tagged: , , , , , , , , , , , , , , , , , ,

0 komentar:

Post a Comment