Thursday, January 15, 2015


Tidak banyak pilihan bagi penggemar bakso untuk menikmati menu Bakso Rusuk di Jogja apalagi yang berkualitas, tapi mulai saat ini nggak usah khawatir, ada warung bakso yang baru buka belum lama ini menyediakan menu tersebut. Mas Ndut pemilik warung ini kebetulan berasal dari Solo, kota yang ramah bagi para penggila bakso, mendengar fakta tersebut membuat saya tidak sabar untuk segera mencicipi menu baksonya.


Warung ini mencoba menawarkan konsep bakso sehat, jadi kita tidak akan menemukan MSG atau bahan penyedap lain di dalam mangkok baksonya, Borax? big NO! kekuatan rasa kuahnya murni diperoleh dari kaldu yang diproses menggunakan bahan baku Grade 1, bikin rasa kuahnya sedep. Bakso Rusuknya Juara. Rusuknya empuk banget, tidak menyulitkan kita untuk menyantapnya, apalagi sampai membuat kita harus berkotor-kotor ria. Kuahnya mantep banget, karena berasal dari kaldu tulang. Meskipun begitu kaldu tulang tadi tidak terasa berlemak, tidak meninggal after taste berminyak di mulut. Berbeda dengan kaldu-kaldu dari daging grade rendah yang meninggal after taste berminyak di mulut. Tekstur baksonya empuk bukan tipe bakso kenyal yang biasa kita temukan.

Oh iya.. waktu saya berkunjung ke sana sang Chef yang kebetulan adalah ibunda dari Mas Ndut sendiri sengaja mencampur gelindingan bakso di mangkok saya dengan bakso bandeng untuk melakukan percobaan dan aselik itu mengelabuhi saya, karena saya tidak bisa membedakannya dengan bakso sapi, mungkin kalau beliau nggak ngasih tahu saya akan berfikir kalau itu bakso sapi, dan untuk bakso bandengnya sepertinya kedepannya akan ada di daftar menu.


Bakso Geprek? mana mungkin? well.. kenapa tidak, menu serupa memang belum pernah saya temukan sebelumnya jadi menyulut rasa penasaran saya, bakso bakar dengan ukuran besar yang berisi telur dan dilumuri dengan sambel cabe hijau ini spesies baru yang wajib dicoba, rasa gurih bakso dan rasa khas sambel cabe hijau dipadu nasi dan kuah bakso benar benar memberikan pengalaman baru dalam memakan bakso.


Selain menu di atas masih ada menu bakso tetelan dan bakso bakar, jadi cukup memberikan banyak pilihan, pemiliknya juga ramah dan tidak segan segan membagi ilmu kepada saya tentang dunia  bakso. Dengan harga yang terjangkau tempat ini cocok dijadikan tempat untuk mengisi perut sepulang kuliah.



Bakso Rusuk Mas Ndut Klebengan

Bakso Rusuk 10.000
Bakso Geprek 9.500


Karanggayam ct 8 no. 132 (Masuk gang sebelah GOR Klebengan, ke utara sekitar 300 meter, kiri jalan)



Tagged: , , , , , , , ,

3 comments: