Tuesday, February 28, 2017



Kalau mengikuti definisi Wikipedia & The Guardian, maka milenial adalah generasi Y, penerus generasi X. Dimana generasi tersebut merupakan kelahiran 80 atau 90an. Biasanya sering dikaitkan dengan generasi narsis, pemalas, erat dengan teknologi serta penganut politik sayap kiri. Apakah benar generasi milenial seperti itu? Sebagai bagian dari generasi milenial saya cuma bisa jawab kepribadian seseorang berbeda-beda tergantung dari latar belakang orang tersebut, tidak bisa dipukul rata. Yang jelas, generasi milenial telah melakukan beberapa perubahan dari sisi gastronomi.

Seperti yang dilansir dari detikfood, generasi milenial melakukan perubahan yang membuat foto makanan menjadi sangat penting untuk bisnis. Begitu juga dengan tren makan sebagai gaya hidup ataupun kenaikan tren kembali ke slow food karena semakin banyak supermarket berkualitas. Kemudian, menurut Viva milenial memiliki kemudahan dalam akses teknologi membuat banyak milenial tidak dapat menahan hasrat jajan dan menjadi lebih konsumtif. Tidak tanggung-tanggung pengeluaran untuk makan di luar bahkan sampai 44% dari pendapatan menurut forbes.

Sedangkan dari The Atlantic menyebutkan bahwa generasi milenial terobsesi dengan makanan karena mudahnya berinteraksi satu sama lain dalam melihat unggahan makanan. Bahkan menurut Fortune para perusahaan besar siap untuk mengakomodasi terobosan makanan hanya untuk memenuhi keinginan generasi milenial dalam makan. The Hearts Kitchen menyatakan 57% unggahan di aplikasi Pinterests adalah makanan dan blog menjadi lebih populer daripada buku resep, disebutkan pula milenial ingin bereksplorasi dengan rasa baru serta ingin cerita dibalik makanan dimana hal tersebut juga diakui Washington Post bahwa bagi milenial makan bukan hanya sekedar tentang makanan, tetapi bagaimana mereka berinteraksi hingga membentuk jati diri yang dituangkan melalui komunitas.

Ternyata banyak juga ya perubahan perilaku konsumsi yang dibawa oleh generasi Y?

-----

Lebih dekat dengan hungerranger, follow:

Tagged: , , , , , , , , , , ,

10 comments:

  1. Benar juga, sekarang posting foto makanan minuman itu seperti ada era tersendiri. Kalau dulu mungkin sebatas pada pemilik usaha (menu), tp sekarang siapapun dengan gadget nya bisa membuat foto makanan lebih menarik daripada foto di lembar menu. Contohnya seperti di atas :-) beef steak kah itu? Nice.
    @ge1212y

    ReplyDelete
    Replies
    1. betul, dengan kamera masing2 bisa menghasilkan foto sekarang. btw itu chicken and chips mas.

      Delete
  2. Ayo kuliner...

    eh, wisata kulier yg update secara online menjadi bagian gaya hidup generasi milenial ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau dulu abis kulineran cuma nulis di blog kalau anak sekarang banyaaak updatenya ada di snapchat di IG di path, hehehe

      Delete
  3. Upload foto barengan juga sepertinya muncul di generasi Y, hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul, di zaman instagram dan path. hehehe

      Delete
  4. Makanan bagi para generasi millenial bukan hanya sekadar pengisi perut, tapi juga gaya hidup.

    ReplyDelete
  5. kalo perubahan perilaku soal makanan, di jogja kini sudah berubah dari burjois ke borjuis. :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. saya kira dari burjois ke warmindo mas... udah pada rebranding sekarang yg ga jual burjo... hehehe

      Delete