Tuesday, January 31, 2017




Startup berbasis teknologi memang sedang hangat dalam beberapa tahun terakhir. Hal tersebut didukung dengan semakin banyaknya investor yang berani menanamkan uangnya pada ide-ide baru dan bisa dibilang unorthodox. Pengguna internet di Indonesia cukup tinggi dalam penetrasi aplikasi baru, sehingga menciptakan suasana startup yang inovatif. Dunia gastronomi pun ikut terasa imbasnya dengan kehadiran startup-startup baru. Tanpa terasa, mungkin kehadiran startup sudah mengubah cara kita dalam mengakses makanan. Berhubung kurang adil kalau hanya mengulas satu startup gastronomi saja, maka saya akan mengulas tiga startup dalam tiga kategori yang berbeda.

-----


gambar diambil dari website zomato


Zomato merupakan startup berbasis restaurants listing dimana user bisa memberikan nilai, berbagi foto dan pengalaman mereka. Selain itu Zomato memiliki fungsi untuk mencari tempat makan yang anda inginkan. Zomato memiliki filter pencarian berdasarkan popularitas, kategori, lokasi, harga dan tipe restoran serta makanan.

Fitur yang paling saya suka dari Zomato adalah filter berdasarkan lokasi. Sehingga kemanapun saya pergi di sekitaran Jakarta, saya bisa merencanakan pergi makan yang sejalan. Selain itu dengan mengecek menu dan komentar pengguna, saya bisa mengatur ekspektasi sebelum pergi. Sejauh ini cukup praktis dalam membantu perencanaan akhir pekan, ataupun untuk mencari makan di hari kerja namun diluar tempat biasa.

-----


gambar diambil dari website go-food


Go-food adalah salah satu fitur dari aplikasi Go-jek dimana pembeli bisa melakukan delivery order untuk banyak tempat makan, bahkan di tempat makan yang tidak menawarkan jasa pesan antar. Go-food memiliki fitur cari rumah makan berdasarkan lokasi, berdasarkan pilihan terbanyak, Go-food juga memiliki fitur explore apabila anda ingin mencari makanan berdasarkan kategori dan fitur bayar menggunakan Go-pay, sebuah fitur uang digital dari Go-jek.

Sama seperti Go-jek, kehadiran Go-food juga sangat mengesankan. Lapar tapi malas gerak? Go-food. Terlalu sibuk sehingga lupa makan siang? Go-food. Tidak sempat buat lauk? Go-food. Ingin makan di rumah makan kesayangan anda tetapi mereka tidak menyediakan jasa pesan antar? Go-food. Bagi pemilik UMKM kuliner, kehadiran Go-food juga membantu mereka untuk memasarkan produk di ranah digital. Tidak perlu armada pesan antar, kini UMKM kuliner bisa memanfaatkan Go-food. Praktis, ringkas, banyak pilihan makanan, anda tinggal melanjutkan kegiatan anda sembari menunggu makanan datang.

-----


gambar diambil dari website cookpad


Cookpad menyimpan berbagai macam resep dari seluruh dunia. Cara menggunakannya simpel saja, cukup masukkan resep makanan yang ingin anda cari atau masukkan bahan masakan yang anda punya dirumah. Selain membaca resep, para pengguna Cookpad juga bisa menulis resep untuk diarsipkan dan dibaca oleh pengguna lain.

Setelah bekerja dan menikah frekuensi saya untuk makan keluar tidak bisa sesering dulu lagi. Terkadang di akhir pekan saya mencoba eksperimen di dapur dengan menggunakan cookpad. Dengan kumpulan resep yang banyak, apabila tidak cocok dengan satu resep, maka masih ada resep lain untuk dicoba yang sesuai dengan ketersediaan bahan di rumah. Istri saya pun menggunakan cookpad untuk memasak lauk sehari-hari, dikarenakan tampilannya yang rapi serta ringan dan simpel untuk digunakan.

-----

Lebih dekat dengan hungerranger, follow:

Tagged: , , , , , , , , , , , ,

10 comments:

  1. Cookpad mau aku cobain ah. Makasih infonya :)

    ReplyDelete
  2. Kalo zomato ini info baru, go food uda pernah tahu tapi belum coba karena device nya ga mendukung. Kalo cookpad, beberapa kali pernah coba via web nya. Tampilannya menarik dan database resepnya memang "luas". Nice review here :-) @ge1212y

    ReplyDelete
  3. Belum pernah coba go-food nih
    Kapan-kapan ah dicoba

    ReplyDelete
  4. Tertarik bgt dg cookpad. Musti nyoba ini.

    ReplyDelete
  5. Baru tahu app Zomato sama cookpad.
    Utk zomatonya, cocok banget kalau lagi bepergian, bisa check resto/kuliner yang hits pas dimana kita berada

    ReplyDelete
    Replies
    1. Zomato cukup lengkap untuk jabodetabek :)

      Delete